Google

Jumat, 11 April 2008

SEJARAH ISLAM KONTEMPORER

PENGANTAR
Tentang sejarah, betapa pentingnya mempelajari sejarah, bukan hanya mempelajari akan tetapi berusaha untuk dapat mengintegrasi dan menginterkoneksikan dengan pengetahuan-pengetahuan lain, dengan demikian kita dapat mengetahui secara mendalam tentang apa itu sejarah, baik Ontologi, epistimologi, dan aksiologinya. Tentunya dari segala aspeknya baik dari asal mula sejarah itu, kapan sejarah itu muncul, dan juga kita harus tahu siapa tokoh yang terlibat didalamnya, dan juga tokoh yang mengemukakan sejarah itu sendiri. Karena dengan begitu kita akan lebih yakin dan percaya untuk dapat menggunakan sejarah sebagai pengalaman, atau juga dapat kita sebut sebagai disiplin keilmuan, yang pastinya mempunyai beberapa manfaat yang berguna bagi kita untuk masa kini dan yang akan datang.
Dan tentang sejarah kontemporer yang nantinya akan kita bahas adalah mungkin dapat kita spesifikkan yaitu sejarah yang mulai diungkapkan dan menjadi suatu pembahasan pasca kekhilafahan. Karena pada dasarnya sejarah ini adalah sejarah islam yang lebih diidentikkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadinya berkaitan dengan kereligian atau islam pada khususnya. Sejarah islam yang selama ini kita ketahui mungkin belumlah seperti sejarah yang sesuai dengan aslinya, atau apa yang sebenarnya terjadi kala itu, hal ini disebabkan karena banyaknya tokon yang mungkin terlibat dalam proses sejarah tersebut, baik dalam aksinya,penganalisisannya, dan mungkin sampai dalam pembukuannya.
Betapa susahnya kita untuk dapat mengetahui sejarah yang benar-benar akurat sesuai dengan kejadian yang sesungguhnya. Contoh konkrit yang baru-baru ini terdengan dipendengaran kita yaitu masalah format lagu Indonesia raya sebagai lagu kebangsaan kita, dengan pendapat seorang ahli didalam bidangnya yaitu Roy Surya, yang meragukan akan teks lagu kebangsaan yang selama ini kita pergunakan. Dan hal itu mungkin disebabkan oleh banyaknya kontrofersi serta tokoh yang mengungkapkan tentang hal itu. Tapi bukanya realita yang sampai sekarang kita tau itu salah seratus persen, pi mungkin hanya ada beberapa aspek yang tidak sesuai.
Dari sini menjadi pelajaran penting bagi kita, bahwa dalam mencari, menganalisis, dan menentukan tentang sejarah termasuk tugas berat bagi seorang yang ada dalam hal ini. Karena nantinya hal ini akan menjadi suatu disiplin ilmu yang dipelajari oleh banyak orang.

Tidak ada komentar: